DUNIA SALES

Tiada Hari Tanpa Sales

prinsip dasar

Salam Marketer,
Menurut saya prinsip dasar dari distribusi adalah meliputi 4 faktor, yaitu:
1. Call ==> Kunjungan sales force ke outlet langganan
2. Buy ==> Terjadinya buy dalam setiap call
3. Account Receivable ==> Penjualan tanpa adanya uang masuk sama dengan non sense
4. New Open Account ==> Selalu berusaha menambah jumlah outlet langganan

ke-4 hal diatas dirangkum dalam suatu konsep manajemen penjualan yaitu territory management, dimana team distribusi berusaha semaksimal mungkin dalam me-manage territory yang dipercayakan kepadanya.
Kerjasama yang solid antar principal dan distributor pun sangat diperlukan karena hubungan keduanya adalah simbiosis mutualisme, saling mendorong,saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.
Tentunya support support marketing dari principal sangatlah dibutuhkan untuk membantu team distributor mencapai target yang telah ditentukan oleh principal tersebut.
Kegiatan marketing pun disini dibedakan menjadi beberapa bagian:
1. Trade promotion ==> Untuk penetrasi pasar dan mendorong selling in produk ke outlet
2. Consumer Promotion ==> kegiatan marketing/promo yang ditujukan ke end user untuk mendorong terjadinya selling out produk dari retailer ke end user.
3. Merchandizing ==> Merupakan kegiatan marketing untuk brand awareness,mendorong impulsive buying.
4. ATL dan BTL activity

Salam
Jun
Marketer baru yang sok tau

Advertisements

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: